Penyebab dan Cara Merawat Kulit Bayi Mengelupas



Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga rentan terhadap berbagai permasalahan kulit. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu kulit bayi mengelupas. Jangan terlalu panik, sebenarnya, kulit yang mengelupas tidak selalu kondisi yang berbahaya. Anda bisa mengenali penyebabnya terlebih dahulu kemudian melakukan perawatan untuk mengatasinya.

Penyebab Kulit Bayi Mengelupas

Kulit bayi yang mengelupas memiliki ciri ciri seperti kulit kering dan kasar, pecah-pecah, hingga kemerahan. Setidaknya, ada tiga hal yang biasanya dapat menyebabkan kulit mengelupas yaitu:

  • Bayi baru lahir yang masih membawa berbagai jenis cairan seperti air ketuban, lapisan vernix, dan lain sebagainya. Vernix sendiri adalah lapisan tebal yang melindungi kulit dari cairan ketuban.

  • Eksim atau dermatitis atopik juga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi mengelupas. Biasanya, eksim terjadi pada bayi yang mulai berkembang, bukan bayi baru lahir.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Mengalami Pengelupasan

Berikut ini adalah beberapa perawatan sederhana yang bisa membantu mengatasi kulit yang mengalami pengelupasan:

1. Mandikan Bayi dalam Waktu Singkat

Perbaiki kebiasaan mandi Si Kecil jika kulitnya mengalami masalah. Anda bisa memakai air hangat untuk memandikan Si Kecil. Selain itu, usahakan waktu mandinya tidak terlalu lama. Pasalnya terlalu lama mandi bisa menghilangkan kelembapan kulit. 

2. Hindari Produk Berbahan Kimia 

Selain memperbaiki kebiasaan mandi bayi, Anda juga harus menghindari produk-produk berbahan kimia yang dipakai oleh Si Kecil. Mulai dari sabun mandi, deterjen, pelembap, sampai dengan pewangi yang dipakai.

3. Gunakan Salep Kaya Pelembap Khusus Bayi

Kulit yang mengelupas tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda bisa mempercepat proses penyembuhan dengan memakai salep khusus. Salep tersebut harus kaya kandungan pelembap dan khusus untuk bayi. Pastikan produknya aman, jika ada masalah Anda bisa segera menghubungi dokter.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara merawat kulit bayi mengelupas. Pemilihan produk perawatan merupakan salah satu poin paling penting dalam merawat kulit mengelupas. Pilih AVEENO BABY yang diformulasikan untuk bayi. Produknya beragam mulai dari body wash, shampoo, moisture lotion, sampai dengan cream. Yuk, beli AVEENO BABY sekarang juga!


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget